PA Malang Mengikuti Webinar Penyediaan Informasi Layanan Pengadilan yang Berorientasi Pengguna

Jumat, 29 Juli 2022, Wakil Ketua Pengadilan Agama Malang, Bapak Drs. Zainal Arifin, M.H., beserta Hakim, Panitera Muda Permohonan, Kasubag PTIP dan Pranata Komputer PA Malang mengikuti webinar dialog tentang Penyediaan Informasi Layanan Pengadilan yang Berorientasi Pengguna. Webinar tersebut diadakan oleh Badilag sebagai lanjutan dari webinar pada hari selasa, rabu dan kamis bersama Federal Circuit and Family Court of Australia (FCFCOA).

Acara di buka oleh Bapak Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. (Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI). Menurut beliau, hasil webinar tersebut ditemui 2 problem penting, yaitu :

  1. Pelayanan terhadap Istri dan anak pasca Perceraian

Dihimbau semua PA se-Indonesia mengupdate informasi tentang surat BKN tentang pemotongan gaji pegawai yang telah bercerai untuk anak istri sesuai Surat BKN tanggal 18/03/2022.

  1. Dispensasi Kawin

Selain itu beliau juga menyampaikan tentang inovasi yang sudah berjalan maupun kerjasama dari tingkat pertama dengan pemerintah daerah. Selanjutnya acara diserahkan kepada narator, Ibu Herni Sri Nurbayanti dari AIPJ2. Sebagai narasumber pertama adalah Bapak Drs. Arief Hidayat, S.H., M.M. (Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI). Pak Sekretaris DIrjen Badilag menyampaikan bahwa informasi yang disajikan pada website berorientasi pada pengguna.selain website,informasi juga disampaikan melalui media sosial. Website merupakan salah satu kriteria penilaian yang dilakukan oleh badilag terhadap kinerja satuan kerja. Berdasar amanat UU, terdapat 83 informasi yang wajib diketahui masyarakat yang wajib disajikan pada website. dalam waktu dekat yaitu pada September 2022, badilag akan melakukan perubahan tampilan website, yang selanjutkan akan dilanjutkan oleh tingkat banding pada November 2022. Dan yang terakhir untuk tingkat pertama akan diluncurkan pada maret 2023.

Selanjutnya The Hon. Justice Suzy Christine (FCFCOA) dan The Hon. Justice Liz Boyle (FCFCOA) menyampaikan secara singkat atas apa yang telah dilakukan oleh badilag. dan dilanjutkan tanggapan dari rekan kerja badilag antara lain Ibu Nunik Sri Harini (Pekka), Bapak Burhanuddin H (Posbakum UIN Bandung) dan Bapak Ayat Nurul Q (Lembaga Sabda). Dan oleh rekan Lembaga Sabda sebagai perwakilan dari kalangan disabilitas, mengharap adanya video informasi bagi penyandang disabilitas. Dan oleh Badilag langsung direspon.

Sebagai penutup, closing statement dari The Hon. Justice Suzy Christine (FCFCOA). Beliau menyampaikan beliau terkesan atas sikap cepat tanggap Badilag dalam merespon tanggapan orang-orang di lapangan. Dalam waktu 30 menit, badilag mampu menjawab tanggapan dari orang yang membutuhkan informasi tersebut. Video yang sempat ditayangkan tadi oleh badilag merupakan video yang sangat informatif. Para pimpinan di badilag sangat berkomitmen terhadap kebutuhan publik. Beliau berterimakaasih atas kehormatan melihat tim badilag bekerja.

Dan closing statement oleh Bapak Dirjen badilag, beliau menyampaikan ucapan terikamasih atas kerjsama selama ini dengan FCFCOA . Beliau menyampaikan, badilag selalu mencoba membuat kebijakan yang cepat, langsung mengeksekusinya. Begitu ada masukan dari AIPJ2 dan FCFCOA, badilag langsung mengadakan rapat pleno. Dari LSM pun seperti Pekka, Sabda, maupun Posbakum UIN, apabila ada temuan, mari kita carikan solusinya Bersama-sama. Peradilan agama welcome untuk semua masyarakat.

Dengan berakhirnya closing statement dari pihak FCFCOA dan Badilag tersebut, berakhir pula acara webinar ini. Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata oleh Badilag ke FCFCOA dan sebaliknya.

Pengadilan Agama Malang Raih Penghargaan Triwulan II Tahun 2022
Pengantar Alih Tugas Bendahara Pengadilan Agama Malang Menjadi Jurusita Pengadilan Agama Kabupaten Malang
Close My Arsip
Close

Close
MENU NAVIGASI
Kategori