Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI ke-78

  ... people are viewing this right now

  Bagikan

Tanggal 19 Agustus tiap tahun merupakan momentum terpenting bagi warga Peradilan, dimana Mahkamah Agung sebagai induk Lembaga tertinggi di Lingkungan Peradilan lahir pada tanggal tersebut. Dan berdasarkan Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 1398/SEK/HM3.1/VIII/2023 tentang Peringatan HUT Mahkamah Agung Republik Indonesia ke-78, Sabtu, 19 Agustus 2023, Pengadilan Agama Malang mengikuti upacara peringatan HUT Mahkamah Agung RI di Pengadilan Negeri Malang. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai baik Pengadilan Negeri Malang dan Pengadilan Agama Malang. Upacara dimulai pukul 08.00 WIB di halaman depan kantor Pengadilan Negeri Malang.

Tema pada peringatan tahun ini mengusung Tema “ Tingkatkan Integritas Menuju Peradilan Yang Agung”. Selain diikuti oleh pegawai Pengadilan Agama Malang, pelaksanaan upcara di Pengadilan Negeri Malang ini juga diikuti oleh beberapa Pegawai dari pengadilan lain seperti Pengadilan Agama Kabupaten Malang, Pengadilan Agama Bangil dan Pengadilan Negeri Magetan.  Dan bertindak sebagai Pembina Upacara yaitu Ketua Pengadilan Negeri Malang, Rosihan Juhriah Rangkuti, S.H., M.H..

Rosihan Juhriah Rangkuti, S.H., M.H., dalam amanatnya membacakan sambutan tertulis Ketua Mahkamah Agung RI. Pada salah satu alineanya menyebutkan bahwa untuk membangun kembali kepercayaan publik melalui berbagai langkah-langkah kongrit, harus diawali dengan meningkatkan sistem pengawasan dan pembinaan bagi seluruh aparatur serta membangun sistem teknologi informasi di bidang administrasi dan teknis perkara sebagai penunjang bagi proses pelayanan publik. Semua itu, dilakukan untuk mendorong peningkatan kualitas pelayanan peradilan serta mempersempit ruang gerak bagi terjadinya penyelewengan dan penyimpangan yang dilakukan oleh aparatur peradilan.

Disampaikan dalam sambutan yang di bacakan pembina upacara bahwa Mahkamah Agung telah meluncurkan 5 Aplikasi Baru yaitu :

  1. Smart Majelis; yaitu aplikasi robotika berbasis kecerdasan buatan untuk memilih majelis hakim secara otomatis;
  2. Court Live Streaming; yaitu aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk menyaksikan Acara pembacaan amar putusan kasasi dan peninjauan kembali secara langsung;
  3. Satu Jari Ditjen Badilum; yaitu aplikasi pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum untuk melakukan pemantauan kinerja pengadilan di seluruh Indonesia secara terintegrasi;
  4. Lentera versi 2.0; yaitu aplikasi yang berfungsi untuk mengelola proses promosi dan mutasi hakim di lingkungan peradilan umum;
  5. E- IPLANS; yaitu aplikasi untuk melakukan perencanaan anggaran, pengelolaan hibah dan pengelolaan organisasi secara berjenjang dari satuan kerja tingkat pertama, hingga di Mahkamah Agung.

Di akhir sambutannya pembina upacara membacakan sambutan Ketua Mahkamah Agung atas ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para hakim dan aparatur peradilan di seluruh pelosok Nusantara yang telah bekerja dengan ikhlas dan sepenuh hati untuk menegakkan keadilan dalam situasi dan kondisi apapun. “Tetaplah istiqomah, karena semakin berat ujian yang dilalui, akan membuat kita menjadi semakin kuat. Akhirnya, marilah kita sama-sama berdoa semoga Allah SWT/Tuhan YME senantiasa memberikan perlindungan dan keselamatan bagi kita semua.” imbuhnya menyamppaikan isi sambutan Ketua Mahkamah Agung. Upacara berakhir sekitar pukul 08.30 WIB dilanjutkan dengan foto bersama antar satker.

Category:
Close My Arsip
Close

Close
MENU NAVIGASI
Kategori