Analis Perkara Peradilan PA Malang Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Dasar dan Bela Negara Gelombang 3

  ... people are viewing this right now

  Bagikan

12 Juli 2023

Analis Perkara Peradilan PA Kota Malang, Revi Sabilia Erningpraja, S.H., mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Dasar Kader Bela Negara dan Pelatihan Manajemen Administrasi Peradilan Gelombang 3. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Mahkamah Agung RI (Pusdiklat Menpim MA RI). Pelatihan yang berlangsung selama kurang lebih 2 minggu ini diselenggarakan pada tanggal 28-14 Juli 2023 di Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pelatihan berlangsung secara blended learning, dimana peserta melakukan belajar mandiri dengan modul yang telah diberikan oleh panitia selama 4 hari pertama, kemudian dilanjutkan dengan belajar secara luring di lokasi diklat.


Kegiatan hari pertama di lokasi diklat dimulai dengan acara pembukaan yang dibuka oleh Bapak Syamsul Arief, S.H., M.H., selaku Kepala Pusdiklat Teknis Peradilan Mahkamah Agung RI. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan diklat ini merupakan program pertama yang dilaksanakan oleh Pusdiklat Menpim MA RI yang ditujukan bagi peserta dengan predikat terbaik (sangat memuaskan) pada Pelatihan Dasar CPNS 2021 dan 2022 sebagai bentuk kelanjutan program pelatihan. Pada gelombang 3 ini, peserta dibagi ke dalam 6 angkatan dan tiap angkatan mempelajari modul yang berbeda. Perwakilan PA Kota Malang mendapatkan kesempatan untuk mempelajari modul tentang perencanaan dan keuangan, yakni seputar siklus perencanaan dan keuangan di lingkungan peradilan, mulai dari tahap perencanaan hingga pelaporan.


Selain pembelajaran modul di kelas, peserta juga mengikuti pelatihan baris berbaris yang dibimbing oleh Korps Marinir yang bekerja sama dengan Pusdiklat Menpim. selain baris berbaris juga diberikan pelajaran terkait protokoler upacara. Yang menjadi inspektur upacara, yakni Kapusdiklat Teknis, Bapak Syamsul Arif, S.H., M.H. Dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi terhadap jalannya upacara yang berlangsung dengan khidmat dan rapi. Setelah kurang lebih 10 hari program dilaksanakan, sampailah pada acara penutupan. Acara penutupan ini ditutup oleh Kepala Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan MA RI (Bapak Bambang Hery Mulyono, S.H., M.H.) dan Bapak Kepala Pusdiklat Teknis Peradilan MA RI (Bapak Syamsul Arief, S.H., M.H.). Sehingga demikian, kegiatan pelatihan resmi ditutup pada Rabu, 12 Juli 2023.

Selama pelatihan, perwakilan PA Kota Malang menyampaikan bahwa pelatihan kepemimpinan dan kader bela negara dan manajemen administrasi peradilan merupakan program yang menarik dan membuka wawasan peserta mengenai teknis peradilan di bidang perencanaan dan keuangan. “Saya bersyukur dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini, karena saya memperoleh banyak pengetahuan baru. Meski modul yang saya pelajari tidak berhubungan dengan tupoksi saya sebagai analis perkara peradilan, tapi saya percaya hal ini akan berguna suatu saat karena setiap orang sebaiknya memahami siklus perencanaan dan keuangan di tempat ia bekerja” imbuhnya.

 

Category:
Close My Arsip
Close

Close
MENU NAVIGASI
Kategori