Focus Group Discussion dalam Rangka Penyusunan Naskah Kajian Puslitbang Kumdil Tahun Anggaran 2023

Senin, 04 September 2023, pukul 08.30 WIB, Ketua Pengadilan Agama Malang, Wakil Ketua dan Hakim pengadilan Agama Malang mengikuti kegiatan Focus Group Discussion (FGD) penyusunan naskah kajian secara virtual melalui zoom meeting. Berdasar surat undangan Kepala Puslitbang Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI nomor 1594/Bld.2/Lit/S/8/2023 tanggal 29 Agustus 2023, PA Malang memenuhi undangan tersebut. Kegiatan FGD kali ini berjudul “Implementasi Wewenang Komisi Yudisial dalam Menjaga dan Menegakkan Kehormatan dan Keluhuran Martabat serta Perilaku Hakim” yang diikuti oleh seluruh Hakim Tingkat Banding dan Tingkat Pertama pada empat lingkungan peradilan secara virtual.

Beberapa Narasumber yang berpengalaman dalam bidang hukum dihadirkan dalam kegiatan ini. Narasumber pertama adalah Prof. Dr. Bagir Manan, S.H., MCL., mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. Beliau menyampaikan materi terkait Dinamika Kewenangan Komisi Yudisial dalam menegakkan kehormatan, keluhuran martabat serta perilaku Hakim dan kemandirian Hakim. Beliau memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana Komisi Yudisial dapat menjalankan tugasnya dengan adil dan transparan.

Materi FGD berikutnya disampaikan oleh Dr. H. Harjono, S.H., MCL., pakar hukum dan peneliti sejarah hukum. Beliau membahas “Filosofi dan Sejarah Pembentukan Komisi Yudisial”. Dalam pemaparannya, beliau memberikan pemahaman yang lebih baik tentang latar belakang pembentukan Komisi Yudisial dan bagaimana lembaga ini bertugas untuk memastikan independensi dan etika hakim.

Materi terakhir disampaikan oleh Dr. H. Yasardin, S.H., M.Hum.. Beliau merupakan Ketua Umum Pengurus Pusat IKAHI. Materi yang disampaikan oleh Dr. H. Yasardin, S.H., M.Hum membahas “Implementasi wewenang Komisi Yudisial dalam menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat serta perilaku Hakim”. Dalam presentasinya, Dr. Yasardin menyoroti beberapa kasus penting yang melibatkan hakim dan bagaimana Komisi Yudisial berperan dalam menyelesaikan masalah tersebut. Dalam kegiatan tersebut juga diisi oleh sesi Tanya jawab dimana para peserta diberikan kesempatan bertanya perihal bagaimana implementasi Wewenang Komisi Yudisial di Indonesia.

Penerimaan Praktek Pengalaman Lapangan Mahasiswa Universitas Islam Malang di PA Malang
Rapat Koordinasi Pelaksanaan Sidang Terpadu Pengadilan Agama Malang Bekerja Sama dengan Kemenag Kota Malang dan Dispendukcapil Kota Malang
Close My Arsip
Close

Close
MENU NAVIGASI
Kategori