Tenaga Teknis PA Malang Ikuti Bimtek “Problematika Eksekusi Di Pengadilan Agama” Secara Daring

Jumat, 24 November 2023, Tenaga Teknis Pengadilan Agama Malang menghadiri  Pemanggilan Peserta Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis di Lingkungan Peradilan Agama secara daring. Kegiatan ini dilakukan untuk menindaklanjuti Surat Dirjen Badan Peradilan Agama Nomor 3440/DJA/DL1.10/XI/2023 tanggal 20 November 2023. Pelaksanaan bimtek ini disiarkan secara daring baik melalui aplikasi zoom meeting dan kanal Youtube Badilag TV.

Bimtek dimulai pada pukul 08:00 WIB. Terlihat hakim dan pegawai PA Malang berada di ruang meida center mengikuti bimtek melalui zoom meeting. Sedangkan pegawai lainnya mengikuti bimtek melalui kanal youtube Badilag TV di ruang kerja masing-masing. Sebelumnya para peserta bimtek telah mendaftarkan diri dan mengikuti Pre-Test pada aplikasi SIPINTAR Badilag.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Plt. Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, Bapak Bambang Hery Mulyono, S.H., M.H.,. Bambang Hery Mulyono menyampaikan bahwa di data badilag masih banyak permasalah eksekusi yang belum selesai. Diharapkan dari bimtek ini kita selain membahas permsalah yang ada, diharapkan juga dapat mebahas solusi dengan langkah terbaik. “Munculkan rasa senang dalam mengikuti bimtek, menambah ilmu pengetahuan sehingga lebih berkah dan dapat menjadi problem solving dalam menjalankan tugas dengan sebaik2nya” imbuh beliau.

Selanjutnya dilanjutkan pemaparan materi oleh narasumber pada bimtek hari ini yaitu Yang Mulia Hakim Agung Kamar Agama Mahkamah Agung RI, Bapak Dr. H. Imron Rosyadi, S.H., M.H.. Beliau mengangkat tema “Problematika Eksekusi di Pengadilan Agama”. Beliau menyampaikan banyak factor yang mempengaruhi jalannya eksekusi, salah satunya minimnya pengetahuan dalam menangani perkara eksekusi serta kurangnya regulasi hukum yang mengatur pelaksanaan eksekusi. Dalam pemaparan presentasi bimtek ini juga membahas berbagai masalah terkait pelaksanaan eksekusi di pengadilan agama. Pemaparan ini juga menyediakan data tentang jumlah kasus eksekusi di sistem pengadilan agama pada tahun 2022. Semoga dengan Bimtek kali ini akan dapat meningkatkan pemahaman para tenaga teknis dalam pelaksanaan eksekusi di pengadilan agama. Memasuki sesi tanya jawab, peserta diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dalam setiap sesi permasalahan eksekusi tersebut. Tepat pukul 11.00 WIB bimtek berakhir.

PA Malang Ikuti Sosialisasi Petunjuk Pelaksanaan Seleksi Pengadaan Hakim Tes Substansi Hukum
Hakim PA Malang Ikuti Rapat Musyawarah Cabang IKAHI Di Pengadilan Negeri Malang
Close My Arsip
Close

Close
MENU NAVIGASI
Kategori