PA Malang Jalin MoU dengan BPN Kota Malang dan BPN Kota Batu

Untuk mendukung kelancaran tugas sesuai tupoksi masing-masing, maka Pengadilan Agama Malang bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Malang dan Kota Batu, sepakat untuk melakukan kerjasama dalam bentuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua PA Malang, Bapak Drs. Zainal Farid, S.H., M.Hes, , Panitera, Bapak Drs. H. Dulloh, S.H., M.H. dan Sekretaris, H. Khoirudin, S.H., M.H. PA Malang serta Kepala BPN Kota Malang dan Kota Batu. Kepala BPN Kota Malang, Bapak Kresna Fitriansyah, S.T., M.Si, yang sekaligus menjadi Plt. Kepala BPN Kota Batu, hadir didampingi Kepala Subbagian Tata Usaha BPN Kota Malang, Bapak Edwin Aprianto, S.P., M.AP., serta Kepala Seksi Pengendalian dan Penanganan Sengketa, Bapak Ahmad Bedda, A.Ptnh.. Pelaksanaan MoU ini dilaksanakan di ruang Media Center Pengadilan Agama Malang pada Senin, 22 Januari 2024.

Pelaksanaan penandatangan MoU ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya. Kerjasama ini merupakan salah satu upaya untuk memenuhi hak-hak para pencari keadilan yang berkaitan dengan  sengketa tanah. Baik Pengadilan Agama Malang maupun BPN Kota Malang dan Kota Batu melakukan Kerjasama pelayanan terpadu dalam rangka percepatan pengurusan penetapan ahli waris sebagai kelengkapan dokumen permohonan sertifikat melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Selain itu juga pada Sertifikasi Massal lainnya dan pelaksanaan sita dan eksekusi. Tujuannya memberikan prioritas pelayanan dalam mempercepat Pengurusan terkait Pelayanan tersebut.

Ketua PA Malang, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa MoU ini merupakan tindak lanjut dari penyelesaian perkara khususnya dalam Pemeriksaan Setempat, Sita, Eksekusi dan lelang. Tujuannya adalah agar lebih valid data pengukurannya sesuai himbauan Mahkamah Agung khususnya Kamar Agama. “Poin penting dari MoU ini adalah memberikan prioritas dan mempercepat pelayanan terhadap masyarakat di bidang pendaftaran tanah, tidak hanya memprioritaskan pelayanan, tapi juga mempercepat pelayanannya”, imbuh beliau.

Dengan pelaksanaan program ini, diharapkan Badan Pertanahan Kota Malang dan Kota Batu dapat bersinergi dengan jajaran Pengadilan Agama Malang untuk mewujudkan pelayanan prima yang lebih maksimal. Selain itu, program ini juga sebagai upaya ketiga instansi tersebut sebagai instansi yang sedang menerapkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokras Bersih dan Melayanai (WBBM). Kegiatan yang dimulai pukul 14.00 WIB ini diakihiri pada pukul 15.00 WIB.

Pembukaan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis di Lingkungan Peradilan Agama Tahun 2024
Sosialisasi Manfaat Asuransi Kesehatan Mandiri Inhealth Di Pengadilan Agama Malang
Close My Arsip
Close

Close
MENU NAVIGASI
Kategori