PA Malang Ikuti Pembinaan Bidang Teknis dan Administrasi Yudisial Oleh KMA

Selasa, 19 Desember 2023, Pengadilan Agama Malang mengikuti Pembinaan Bidang Teknis dan Administrasi Yudisial yang diadakan oleh Mahkamah Agung. Kegiatan pembinaan ini dilaksanakan secara luring di Hotel The Natsepa Resort & Conference Center Ambon, Jl. Natsepa no.36, Suli, Kec. Salahutu, Kab. Maluku Tengah, Maluku. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, mulai Senin, 18 Desember 2023 hingga Selasa, 19 Desember 2023. Kegiatan ini menindaklanjuti surat undangan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Nomor: 68/WKMA.Y/UND/XII/2023 tanggal 04 Desember 2023.

Kegiatan pembinaan ini dimulai pukul 08.00 WIB. Pengadilan Agama Malang diwakili oleh Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Malang mengikuti Pembinaan Bidang Teknis dan Administrasi Yudisial secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Pembinaan virtual ini dilaksanakan di ruang Media Center Pengadilan Agama Malang.

Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. memimpin Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial tersebut. Dalam sambutannya Ketua Mahkamah Agung menyampaikan pembinaan yang pertama yaitu agar para Hakim dan aparatur peradilan di seluruh Indonesia senantiasa menjaga netralitas dalam masa pemilu ini. Selanjutnya tentang pendandatanganan MoU Mahkamah dengan Kementerian ATR/BPN tentang Sinergi Tugas dan Fungsi di Bidang Agraria/Pertanahan dan Tata Ruang serta Penguatan Kapasitas Penanganan Perkara Pertanahan.

 

Pembinaan selanjutnya disampaikan kepada seluruh pimpinan pengadilan di empat lingkungan peradilan agar segera menyelesaikan tunggakan perkara yang belum selesai. Diharapkan agar masing-masing Direktorat Jenderal Badan Peradilan agar segera menyelesaikan proses pengumpulan data terkait penyusunan Buku Laporan Tahunan MA. Selain itu, pembinaan ini juga membahas potret profiling integritas hakim dan aparatur peradilan serta pembinaan kesekretariatan yang membahas mengenai jumlah pegawai Mahkamah Agung, permasalahan BMN, serta keuangan. Dengan adanya pembinaan seperti ini, diharapkan bahwa administrasi yudisial di Indonesia dapat semakin meningkat sehingga masyarakat bisa merasakan keadilan yang lebih baik dari lembaga peradilan.

Tenaga teknis PA Malang Ikuti Sosialisasi Hasil Pendidikan dan Pelatihan Ekonomi Syariah pada Higher Judicial Institute Universitas Islam Imam Muhammad Bin Saud, Riyadh, Arab Saudi
Monitoring Evaluasi Penyusunan Anggaran (Baseline) DIPA 01 Tahun Anggaran 2025
Close My Arsip
Close

Close
MENU NAVIGASI
Kategori