PA Malang Hadiri Kegiatan Penguatan Sistem Pembinaan Pengawasan PTA Surabaya dan Pengadilan Agama se-Jawa Timur

Pada hari Senin tanggal 28 Agustus 2023, Pengadilan Tinggi Agama Surabaya mengadakan kegiatan pembinaan. Ketua Pengadilan Agama Malang, Bapak Drs. H. Misbah, M.H.I. beserta Panitera dan Sekretaris PA Malang menghadiri undangan nomor No. 3945/KPTA.W13-A/UND.HM3.1.1/VIII/2023 tanggal 24 Agustus 2023 dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya tersebut. Kegiatan yang berjudul “Penguatan Sistem Pembinaan Pengawasan PTA Surabaya dan Pengadilan Agama se- Jawa Timur” ini dilaksanakan di Hotel Fairfield by Marriott Surabaya Jl. Mayjend Sungkono, No. 78, Pakis, Surabaya.

Kegiatan diawali oleh pembacaan doa yang dipimpin oleh Ketua PA Sampang Dr. Jamadi, Lc., M.E.I,. Kegiatan pembinaan ini dibuka secara langsung oleh Ketua PTA Surabaya, Bapak Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H.. Dalam kalimat pembukaannya beliau menyampaikan perihal 11 kategori Anugerah Mahkamah Agung yang diterima oleh satuan kerja di bawah PTA Surabaya. Hal ini mejadikan PTA Surabaya meraih peringkat pertama dalam kategori Peradilan Agama peraih Anugrah Mahkamah Agung terbanyak.  Beliau juga menyampaikan terkait pembinaan ini, “Pentingnya pengawasan dalam suatu manajemen sangat dibutuhkan dalam suatu organisasi sehingga fungsi dan tujuan pelayanan tercapai secara maksimal. Dalam kesempatan hari ini dilaksanakan penguatan sistem pembinaan dan pengawasan pada Pengadilan Tinggi Agama Surabaya dan Pengadilan Agama se- Jawa Timur oleh Badan Pengawas Mahkamah Agung RI melalui sosialisasi Aplikasi Pengawasan Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama (WASTITAMA)”. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan kepada 11 Pengadilan Agama di wilayah PTA Surabaya.

Pada sesi selanjutnya, pemaparan materi disampaikan oleh narasumber, yaitu Auditor Utama Badan Pengawas (BAWAS) Mahkamah Agung RI, Yusuf, S.E., Ak., C.A., M.A. yang dimoderatori oleh Sekretaris PTA Surabaya Naffi, S.Ag., M.H.. Narasumber tersebut memaparkan mulai dari latar belakang Aplikasi Pengawasan Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama (WASTITAMA) yang berawal dari kemajuan teknologi informasi dan kompilasi hasil pengawasan monitoring atas tindak lanjut. Selanjutnya beliau menyampaikan Pengawasan Reguler, maksud dan tujuan pengawasan, sistem pengendalian intern serta fungsi pengawasan. Selanjutnya terkait Pelaksanaan Pengawasan Reguler yauti pengawasan regular yang dilaksanakan dengan melakukan pemeriksaan secara komprehensif terhadap seluruh aspek penyelenggaraan peradilan dan yang terakhir terkait pelaporan, rekomendasi dan tindak lanjut.

Sebelum kegiatan ditutup, dilaksanakan sesi tanya jawab.  Kegiatan yang dimulai pukul 09:00 WIB berakhir pada pukul 12:00 WIB. Acara ditutup oleh Pembawa Acara dengan sesi foto bersama dengan seluruh satker. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menyatuknan persepsi terkait pengawasan dalam melaksanakan tugas di satuan kerja masing-masing.

PA Malang ikuti Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis Legal Reasoning dalam Putusan Hakim
PA Malang Ikuti Pembinaan Teknis Dan Administrasi Yudisial Oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI Pada 4 Lingkungan Peradilan Secara Daring
Close My Arsip
Close

Close
MENU NAVIGASI
Kategori