Sosialisasi Rencana Seleksi Calon Hakim Dari Formasi Analis Perkara Tahun 2021 diikuti PA Malang

  ... people are viewing this right now

  Bagikan

Jumat, 16 Juni 2023, bertempat di Media Center Pengadilan Agama Malang, dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Rencana Seleksi Calon Hakim Dari Formasi Analis Perkara Tahun 2021. Kegiatan yang diadakan oleh Mahkamah Agung RI berdasarkan pada surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor: 1141/SEK/KP.00.1/6/2023. Kegiatan ini diikuti oleh Pengelola Kepegawaian dan Pejabat Pelaksana  Analis Perkara Peradilan formasi tahun 2021 seluruh Indonesia. Sosialisasi ini dilaksanakan guna menindaklanjuti Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perubahan atas PERMA Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pengadaan Hakim.

Kasubbag Kepegawaian Organisasi dan Tatalaksana, Analis Kepegawaian dan Analis Perkara Peradilan (APP) Tahun 2021 mengikuti Sosialisasi Seleksi Calon Hakim dari Formasi Analis Perkara Peradilan Tahun 2021 tersebut. Acara yang dimulai pukul 13.30 WIB tersebut dilaksanakan secara daring. Sosialisasi ini menjadi momentum penting bagi Pengadilan Agama Malang untuk mempersiapkan diri dan mendukung proses seleksi calon hakim dari formasi analis perkara tahun 2021. Kegiatan dimulai dengan dilakukan polling untuk mengetahui jumlah peminat Calon Hakim di Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama dan Pengadilan TUN.

Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Ibu Supatmi, S.H., M.H. selaku Plt. Kabiro Kepegawaian Mahkamah Agung RI. Dalam sambutannya beliau menghimbau agar seluruh calon Hakim untuk mempersiapkan  dengan sungguh-sungguh seleksi Cakim ini dengan selalu memeriksa kelengkapan data pada SIKEP. Beliau meminta seluruh calon Hakim untuk update SIKEP pada menu Pendidikan S1 apakah Sarjana Hukum Islam (SHI) atau Sarjana Hukum (SH). Hal ini brguna sebagai dasar pemetaan kebutuhan Hakim di masing-masing Direktorat dan untuk dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan pimpinan tentang jumlah formasi yang dibutuhkan. Beliau menegaskan “Seleksi calon hakim sangat penting dalam menjaga independensi dan kualitas penegakan hukum di pengadilan. Pentingnya kualitas dan integritas untuk menjadi seorang hakim dalam mengemban tugas negara.”

Kegiatan dilanjutkan dengan Sosialisasi yang disampaikan oleh Bapak Jumadi, Kepala Bagian Umum Kepegawaian Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI. Beliau menyampaikan bahwa materi ujian substansi hukum akan dijelaskan pada Pedoman Teknis. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa Sarjana Ilmu Hukum ataupun Sarjan Hukum tidak menjadi masalah, karena hal tersebut akan dikoordinasikan dengan BKN. “ Pelaksanaan seleksi diperkirakan dilaksanakan pada tahun ini akan tetapi tetap menunggu keputusan dari Pimpinan”, tutur Jumadi diakhir pemaparannya. Diharapkan, melalui seleksi yang ketat dan objektif, akan terpilih calon hakim yang berkualitas dan mampu menjalankan tugas dengan baik demi terwujudnya peradilan yang agung.

Category:
Close My Arsip
Close

Close
MENU NAVIGASI
Kategori