Pemeriksaan Reguler oleh Badan Pengawasan MA-RI di Pengadilan Agama Malang

  ... people are viewing this right now

  Bagikan

Pada hari Senin tanggal 24 Juli 2023 Pengadilan Agama Malang menyambut kedatangan Tim Pemeriksa Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI di ruang Ketua Pengadilan Agama Malang. Tim ini dipimpin oleh Hakim Tinggi Pengawas pada Badan Pengawasan, Ibu Dra. Azizah Bajuber, S.H., M.H. selaku Ketua Tim, Ibu Anisah Shofiawati, S.H., Hakim Yustisial pada Badan Pengawasan, Bapak Dr. Firdaus Syafaat, S.H., S.E., M.H., Hakim Yustisial pada Badan Pengawasan, dan Erlanda Mawangsa, A.Md.Ak., Pranata Keuangan APBN Pelaksana pada Badan Pengawasan  selaku Anggota Tim serta Ibu Narti Sri Sugiarti, S.E., Analis Kepegawaian Muda pada Badan Pengawasan selaku Sekretaris. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka pengawasan regular sesuai surat tugas nomor 635/BP/ST/VII/2023. Pemeriksaan ini dijadwalkan dari tanggal 24 s/d 28 Juli 2023.

Tim Bawas MA-RI melakukan pemeriksaan hari pertama di ruang Media Center Pengadilan Agama Malang. Tim Bawas MA-RI melakukan pemeriksaan regular terkait bidang Manajemen Peradilan, Kinerja Pelayanan Publik, Administrasi Persidangan, Administrasi Perkara dan Administrasi Umum, Keterbukaan Informasi, serta Meja Informasi dan Pengaduan, PERMA Nomor 7 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tatalaksana Panitera dan Sekretaris. Serta menindaklanjuti hasil pemeriksaan / temuan BPK, BPKP dan SIMAK BMN, serta memantau pelaksanaan PERMA Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System) di Mahkamah Agung RI dan  Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya.

Setelah selesai pemeriksaan, Tim Bawas MA-RI melakukan Ekspose pada hari Kamis, 27 Juli 2023. Expose yang diikuti seluruh Hakim, Pegawai dan PPNPN Pengadilan Agama Malang dilaksanakan di Ruang Sidang 2 Pengadilan Agama Malang. Kegiatan Ekspose ini dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Malang, Bapak Drs. H. Misbah, M.H.I.. Beliau mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas kedatangan dan ditunjuknya PA Malang sebagai tempat obyek pemeriksaan regular. “Mohon petunjuk, kritik dan sarannya atas kinerja yang selama ini mungkin ada yang tidak sebagaimana mestinya dan kami siap menindaklanjuti atas temuan yang disampaikan” ujar Beliau.

Pada expose yang dimulai pukul 15.30 WIB ini, hasil temuan dibacakan oleh Ketua Tim Badan Pengawas Mahkamah Agung RI, Ibu Azizah Bajuber. Ibu Azizah Bajuber, menerangkan bahwa “Pemeriksaan regular merupakan salah jenis pemeriksaan yang menjadi tugas Badan Pengawasan untuk melakukan pemeriksaan yang menyeluruh terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi pengadilan. Kegiatan pemeriksaan diawali dengan pemeriksaan pada bagian kepaniteraan meliputi pemeriksaan administrasi persidangan, keuangan perkara, kemudian dilanjutkan dengan Manajemen peradilan, Keterbukaan Informasi dan Layanan Publik. Kesekretaritan juga dilakukan pemeriksaan meliputi bagian umum dan keuangan yang terkait dengan keuangan DIPA, PNBP, serta pemeriksaan Perpustakaan, pada bagian kepegawaian dan ortala terkait dengan aturan-aturan dalam kepegawaian” jelasnya. Beliau juga menyampaikan temuan dan beberapa catatan penting untuk segera ditindaklanjuti. Hakim Pengawas juga memberikan saran agar majelis hakim sering melakukan diskusi untuk menelaah perkara sebelum memutuskan perkara. Kemudian terakhir dilakukan Serah terima Berita acara hasil pemeriksaan kepada Ketua Pengadilan Agama Malang.

Category:
Close My Arsip
Close

Close
MENU NAVIGASI
Kategori