Hari Kedua Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial Mahkamah Agung RI

Pada hari Selasa, 29 Agustus 2023, Ketua PA Malang Kembali mengikuti kegiatan Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial, Mahkamah Agung RI yang mengundang 4 (empat) Lingkungan Peradilan di seluruh Indonesia dalam Bimbingan Tenis secara Virtual melalui surat Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Yudisial Nomor 28/WKMA.Y/VIII/2023 tanggal 22 Agustus 2023. Ketua Pengadilan Agama Malang, Bapak Drs. H. Misbah, M.H.I., didampingi Wakil Ketua PA Malang, Bapak Muslich, S.Ag., M.H., Hakim PA Malang, Panitera dan Sekretaris PA Malang mengikuti kegiatan pembinaan tersebut di ruang Media Center PA Malang secara virtual. Pembinaan ini merupakan hari kedua setelah pembinaan pada Senin, 28 Agustus 2023.

Sama seperti pembinaan pada hari pertama, pembinaan teknis dan administrasi Yudisial pada hari kedua ini juga diikuti oleh 4 (empat) Lingkungan Peradilan di seluruh Indonesia. Pelaksanaan pembinaan ini digelar di Hotel Galaxy Banjarmasin Jl. Ahmad Yani, KM.2,5 No. 138 Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. Pembinaan kedua ini dimulai pukul 14.30 WITA atau 13.30 WIB yang diawali dengan pembinaan oleh Y.M. Bapak Dr. H. Suhadi, S.H., M.H., Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung RI terkait Penguatan kembali materi Pengadilan Tindak Pidana Pemilu.

Selanjutnya materi disampaikan oleh Panitera Mahkamah Agung Dr. Ridwan Mansyur, S.H., M.H.. Panitera Mahkamah Agung RI mengangkat tema pembinaan tentang “Beberapa Persoalan Teknis dan Administrasi Yudisial dalam Pengajuan Upaya Hukum Kasasi dan Peninjauan Kembali”. Dalam acara pembinaan kali ini ada lima hal yang disampaikan yaitu Informasi tentang Pembaruan Beberapa Ketentuan Penyampaian Bantuan Panggilan/Pemberitahuan ke Luar Negeri, Penyampaian Laporan Kasasi Perkara Pidana yang Terdakwanya dalam status Tahanan, Beberapa persoalan dalam pengiriman berkas perkara ke Mahkamah Agung, Prosedur Baru Pengembalian Biaya Perkara karena adanya pencabutan perkara kasasi/PK dan Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahkamah Agung (LOKALI-MA) berbasis Putusan Pengadilan bidang Hukum Komersial.

Materi ketiga pembinaan dilanjutkan oleh H. Bambang Myanto, S.H., M.H., Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum sekaligus Plt. Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara. Beliau memberikan materi tentang Peningkatan Kinerja dan Penguatan Integritas Aparatur Peradilan dalam Mewujudkan Pelayanan Prima. Materi berikutnya disampaikan oleh Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil yang juga merupakan Plt. Dirjen Badilag, Bapak H. Bambang Mulyono, S.H., M.H.. Beliau memaparkan terkait Mahkamah Agung Corporate University, Implementasi SIPP, Pelayanan Publik dan Strategi WBK/WBBM. Beliau menambahkan, “Sebaik apapun sebuah SISTEM tetaplah peluang terjadinya penyimpangan, sebab yang membatasi untuk tidak melakukan penyimpangan adalah MORAL dan NILAI yang diyakini oleh orang itu.”

Materi terakhir disampaikan oleh Kepala Badan Pengawasan MA RI Sugiyanto, S.H., M.H., yang juga sebagai Plt. Sekretaris Mahkamah Agung RI. Beliau menyampaikan materi tentang mekanisme penanganan Hakim dan PNS yang terlibat tindak pidana. Penanganan terhadap tindak pidana tersebut meliputi pemberhentian sementara dan pemberhentian tetap, berikut mekanismenya. Beliau juga mengingatkan tentang komitmen Mahkamah Agung yaitu transparan dan akuntabel, pemanfaatan teknologi informasi dan aksesibilitas. Kegiatan ditutup dengan sesi tanya-jawab yang diikuti oleh seluruh peserta daring maupun luring dari Pengadilan Tingkat Pertama dan Pengadilan Tingkat Banding pada 4 (empat) Badan Peradilan di bawah naungan Mahkamah Agung RI.

PA Malang Ikuti Pembinaan Teknis Dan Administrasi Yudisial Oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI Pada 4 Lingkungan Peradilan Secara Daring
Acara Puncak Jalan Sehat Peringatan HUT RI dan HUT MA-RI ke 78 di PA Malang
Close My Arsip
Close

Close
MENU NAVIGASI
Kategori