Aparatur PA Malang Mengikuti Pembinaan Teknis Dan Administrasi Yudisial Oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI

Bertempat di ruang media Center, Ketua Pengadilan Agama Malang, Bapak Drs. H. Misbah, M.H.I, mengikuti kegiatan Pembinaan Bidang Teknis Dan Administrasi Yudisial Oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI, Bagi Jajaran 4(Empat) Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia. Beliau didampingi oleh Panitera, Sekretaris dan Hakim PA Malang turut serta dalam kegiatan pembinaan bidang teknis dan administrasi yudisial tersebut. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, YM Bapak Prof. Dr. M. Syarifuddin, S.H., M.H., dan dihadiri para hakim tinggi, PLH Sekretaris, serta pejabat dari kepaniteraan Mahkamah Agung.

 

Dilaksanakan pada tanggal 06 Juli 2023 pukul 08.00 WITA, kegiatan ini diselenggarakan secara gabungan (hybrid) yaitu daring dan luring, dimana untuk luring di ikuti oleh para unsur pimpinan dalam wilayah Hukum Makassar sedangkan Peradilan seluruh wilayah Indonesia melalui aplikasi Zoom meeting, meliputi peradilan umum, peradilan agama, peradilan tata usaha negara, dan peradilan militer. Adapun materi kegiatan sebagai berikut :

  1. Pembinaan  Bidang Teknis dan Administrasi Yudisial serta Pengawasan oleh Pimpinan Mahkamah Agung;
  2. Pembinaan oleh Pejabat  Eselon I Mahkamah Agung, sesuai dengan bidang masing-masing.

Kegiatan pembinaan bertempat di Hotel Four Points By Sherathon Makassar, Kota makassar, Sulawesi Selatan ini dibuka langsung oleh Ketua Mahkamah Agung. Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Prof. Dr. Drs.H. Sunarto,S.H.M.H. sebagai moderator sekaligus pemateri menyampaikan materi pembinaan teknis dan pembinaan administrasi yudisial. Beliau juga menyampaikan beberapa hal, diantaranya, MA mendapat penghargaan peringkat ke-5 sebagai K/L berkinerja sangat baik dan sebagai K/L terbesar yang patuh dalam penyetoran pajak. Beliau juga mengharap dukungan dari semua satker yang berada dibawah Mahkamah Agung RI, semoga Mahkamah Agung dapat meraih gelar WTP untuk yang ke 11 secara berturut-turut.

Pembinaan tersebut kemudian dilanjutkan dengan pembinaan oleh Ketua Kamar Mahkamah Agung Republik Indonesia, YM Bapak Prof. Dr. Takdir Rahmadi, S.H., LL.M.. Ketua Kamar Militer Mahkamah Agung Republik Indonesia, YM Bapak Dr. Burhan Dahlan, S.H. M.H., turut memberikan pembinaan terkait pelaksanaan tugas operasi militer dan potensi pelanggaran hukum yang mungkin terjadi oleh prajurit. Sementara itu, Ketua Kamar Perdata Mahkamah Agung Republik Indonesia, YM Bapak I Gusti Agung Sumanatha, S.H., M.H., membahas tentang Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2022. Dalam acara yang sama, PLH Sekretaris Mahkamah Agung, Bapak Sugiono, S.H., mengungkapkan tentang pentingnya Sistem Administrasi Peradilan berbasis teknologi sebagai program unggulan Mahkamah Agung. Pembinaan diakhiri dengan penyampaian materi oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Bapak H. Bambang Myanto, S.H., M.H. tentang bagaimana mengoptimalkan layanan pengadilan berbasis elektronik dalam mewujudkan penanganan perkara yang berkualitas.

Acara pembinaan ini berakhir tepat pada pukul 17.00 WITA. Acara ini ditutup secara resmi oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Bapak Prof. Dr. M. Syarifuddin, S.H., M.H.. Diharapkan, Semua materi yang disampaikan dalam pembinaan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan pengadilan di Indonesia dan memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam sistem peradilan. Dan kegiatan pembinaan ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan baru bagi para peserta, khususnya dalam penerapan teknologi untuk melayani masyarakat dengan lebih baik dan efisien.

Ketua PA Malang menjadi Narasumber Pada Acara Capacity Building Fasilitator Keluarga Samara
Ketua PA Malang Hadiri Orasi Ilmiah Fakultas Hukum Universitas Brawijaya
Close My Arsip
Close

Close
MENU NAVIGASI
Kategori