SOFT LAUNCHING DAN BIMBINGAN TEKNIS PERADILAN ELEKTRONIK (E-COURT)


Menindak lanjuti  Perma nomor  3 tahun 2018 tentang pelaksanaan adminsitrasi perkara secara elektronik (E-Court) di lingkungan Pengadilan, Pengadilan Agama Kota Malang mengadakan acara Soft Launching Peradilan berbasis elektronik (E-Court). Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 27 Nopember 2018 ini bekerja sama dengan

Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) RBA Malang di hotel Pelangi Kota Malang.

Menurut Drs.H.Saiful Karim, MH Ketua Pengadilan Agama Kota Malang, kegiatan ini dimaksudkan,  yang pertama untuk peluncuran / Soft launching dimulainya layanan pengadilan lewat elektronik (E-Court), yang kedua untuk memberikan sosialisasi dan bimbingan teknis para pengguna dalam hal ini adalah para advokat, terangnya.

Lebih lanjut diterangkan bahwa dengan diterbitkannya Perma nomor 3 tahun 2018 tersebut, maka terkandung cita cita besar dari Mahkamah Agung yaitu : terwujudnya proses perkara yang  sederhana, cepat dan biaya ringan. Hal ini sebagai pelaksanaan amanah pasal 2 ayat (4) Undang-Undang nomor 48 tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman.

Lebih lanjut disampaikan oleh HM.Nidzom Anshori, SH, MH, selaku Panitia Pengarah acara ini, bahwa pelaksanaan Administrasi Perkara secara elektronik atau yang dikenal dengan E-Court adalah jawaban terhadap tuntutan zaman yang serba digital saat ini. Program Terobosan ini akan menjadikan proses berperkara di Pengadilan menjadi efektif dan efisien, papar laki-laki yang juga sebagai Sekretaris Pengadilan Agama Kota Malang ini.

Pengadilan Agama Malang sebagai bagian dari lembaga kekuasaan yudikatif di bawah Mahkamah Agung bertanggung jawab melaksanakan tugas dan fungsi utamanya yaitu : menerima, memeriksa dan memutus perkara yang di ajukan oleh para pencari keadilan. Oleh karena itu Pengadilan Agama Malang harus ikut berpartisipasi dalam mensukseskan program E-Court Mahkamah Agung yag luar biasa ini.

Disisi lain, ditambahkan oleh Hj. Herlinawaty, SH,MH, selaku Panitera Pengadilan Kota Malang, bahwa jumlah masyarakat pencari keadilan yang memakai jasa pengacara atau advokat sekitar 15 % dari perkara yang masuk, tahun 2017 sekitar 14,12 %, berarti ada peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun,terangnya.Sebagai narasumber kami undang Tim E-Court dari Badilag Mahkamah Agung yaitu Eva Juliastutik, ST. Sedangkan sebagai peserta adalah internal dari Pengadilan Agama Kota Malang dan para advokat dari kota Malang.

Dalam kesempatan acara tersebut Ketua Peradi RBA Malang Yayan Riyanto,SH,MH menyampaikan apresiasinya terhadapa kerja sama ini, disampaikan bahwa para advokat menyambut baik acara soft Launching atau peluncuran E-Court ini. “ kami sangat senang dengan acara ini, para advokat akan semakin mudah untuk untuk pendaftaran perkara, untuk pembayaran maupun pemanggilan lewat elektronik, tidak pakai antri lagi atau perjalanan ke Pengadilan Agama Kota Malang” paparnya. (NA)

 

Kegiatan ini juga diliput oleh beberapa media, berikut link yang dapat dilihat :

https://memontum.com/66001-sistem-e-court-d…ra-di-pengadilan

https://malangvoice.com/ratusan-advokat-peradi-rba-malang-bimtek-e-court-bareng-pa-malang/https://malangtoday.net/malang-raya/kota-malang/resmi-mulai-hari-ini-e-court-digunakan-di-kota-malang/

http://www.malangpostonline.com/read/7860/dpc-peradi-malang-pimpinan-yayan-riyanto-siap-gunakan-ecourt

https://m.malangtimes.com/baca/33613/20181128/090400/inovasi-pengadilan-dan-mahkamah-agung-ini-bakal-permudah-penanganan-perkara-gimana-modelnya/

http://adadimalang.com/2018/11/27/pengadilan-agama-kota-malang-launching-e-court-bersama-peradi-rba-malang/

https://youtu.be/5UM2yzUmZXs


Kontak Kami

PENGADILAN AGAMA MALANG

KELAS 1A

Jl. Raden Panji Suroso No. 1 Malang, Telp. (0341) 491812