Presentasi dan Diskusi Peserta PPC di PA Kodya Malang dihadiri Pimpinan Pengadilan Agama

Ada yang berbeda di minggu ke-9 Program Magang I Cakim di Pengadilan Agama Kodya Malang. Saat ini Program Pendidikan Calon Hakim (PPC) Terpadu sedang berjalan pada tahap ke 2 yakni Magang I, di mana para Calon Hakim ditugaskan untuk magang sebagai Administrator Peradilan pada Pengadilan Tingkat Pertama. Salah satu adalah Pengadilan Agama Kota Malang yang beralamat di Jalan Raden Panji Suroso Nomor 1 Kota Malang.  

 Sebanyak 12 orang Calon Hakim Peradilan Agama Magang di Pengadilan Agama Malang. Mereka semua berasal dari berbagai Pengadilan Agama dan telah berada di Malang sejak awal September 2018 lalu sebagai Mentee. Bertindak sebagai Mentor adalah para Hakim diantaranya adalah Dra. Hj. Laila Nurhayati, M.H., Drs. Abd. Rouf, M.H., dan Drs. Munjid Lughowi, dan selaku Tutor adalah Ketua Pengadilan Agama Malang Drs. H. Saiful Karim, M.H.

Pada Magang I sebagai administrator ini para Cakim ditugaskan untuk mempelajari, memahami, dan mempraktikkan hal-hal yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Kesekretariatan dan Kepaniteraan Pengadilan Agama. Dari kegiatan tersebut Mentee dituntut untuk dapat mendeskripsikan tugas-tugas Kesekretariatan dan Kepaniteraan dalam bentuk Laporan Harian dan Laporan Mingguan.

Setiap akhir pekan yakni pada hari Jum’at para Mentee melakukan presentasi dan diskusi hasil kegiatan selama satu pekan. Biasanya diskusi dilakukan di ruang perpustakaan Pengadilan Agama Malang dengan hanya di hadiri oleh para Mentor, namun ada yang istimewa pada Presentasi dan Diskusi Mingguan ke-9 ini. Tutor dan Mentor mengajak para Mentee membuat sesuatu yang berbeda dari minggu-minggu sebelumnya yang terkesan monoton. Presentasi dan diskusi pada Jum’at 02 November 2018 dilaksanakan di luar kantor yakni di sebuah ruang meeting di Rumah Makan Sederhana, di Jalan  Letjen Sutoyo, No.2 Rampal Celaket, Kota Malang.

Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Tutor yakni Ketua Pengadilan Agama Malang Drs. H. Saiful Karim, M.H., Panitera Hj. Herlinawaty, S.H., M.H. dan Sekretaris H. Muhammad Nidzom Anshori, S.H., M.H. yang menghadiri kegiatan presentasi dan diskusi dari awal hingga berakhir. Setelah selesai presentasi dan diskusi para Mentee, Mentor, Tutor, Panitera dan Sekretaris makan siang bersama di tempat itu dalam suasana yang ramah dan segar.

Hal ini dilakukan untuk mengembalikan kesegaran para Mentee dari kejenuhan dengan kegiatan harian. Meskipun para mentee berusaha menutupi dengan berupaya menampakkan semangat, namun tak dapat dipungkiri bahwa para Mentee tampak lelah. Apalagi dengan deadline tugas harian dan mingguan, serta kewajiban mengunggah produk kegiatan harian menjadi rutinitas, membuat para Mentee sehari-hari yang minimal 5 hingga 8 jam sehari berada di depan layar komputer / laptop. Hal ini memang dimaksudkan untuk mendidik dan melatih para Cakim terbiasa dengan rutinitas kerja yang harus tak bosan-bosan membaca, memeriksa, dan memutus perkara kelak setelah dilantik sebagai Hakim.

Di akhir sesi, Ketua Pengadilan Agama menyampaikan sambutannya. Beliau memberikan semangat kepada para Cakim untuk terus belajar, bersyukur atas apa yang telah diperoleh, berusaha menguasai apa menjadi bidangnya serta satu hal yang ditekankan yakni agar para cakim selain meningkatkan ilmu pengetahuan juga menjaga akhlaq. Bagaimanapun juga ilmu yang telah diperoleh para Cakim akan tidak bermanfaat di kala tidak dapat menjaga akhlaq mulia sebagai Hakim nantinya. Begitu pula Penitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Malang juga memberikan semangat dan berpesan serupa agar para cakim dapat mengubah wajah peradilan menjadi lebih bermartabat dan benar-benar menjadi agen perubahan peradilan yang agung. (MH)


Kontak Kami

PENGADILAN AGAMA MALANG

KELAS 1A

Jl. Raden Panji Suroso No. 1 Malang, Telp. (0341) 491812